Hamil Dengan Skoliosis

Sebelumnya saya pernah tulis tentang pengalaman skoliosis dan operasi skoliosis saya di blog lama, tapi itu udah lama banget di tahun 2012.

(Baca juga :   Skoliosis, Tentang dan Cerita )




Sekarang saya mau sharing sedikit tentang masa kehamilan saya dengan skoliosis, mumpung baru-baru ini lewat masa hamilnya jadi masih inget ya kan. Semoga cukup detail dan  bisa membantu juga, barangkali ada yang mengalami.
Pas pertama tau saya hamil, seneng banget sampai saya lupa kalau saya punya skoliosis dan ada pan penyangga disepanjang tulang belakang. Yang jelas di pertemuan awal dengan Obgyn, saya nggak langsung menjelaskan kondisi ini karena lupa. Nggak ada masalah yang serius juga sih selama awal-awal kehamilan terkait skoliosis maupun pan di tulang belakang. Saya sudah diwanti-wanti dokter obgyn yang menangani saya, kalau kondisi ini akan membuat saya lebih cepet merasakan sakit pinggang karena beban kehamilan. Tapi memang memasuki trimester dua, mulai kerasa tuh pegal-pegal nya dan makin tua usia kehamilan makin intense. Disinilah peran suami kerasa banget, jadi abang tukang pijet pribadi tiap malem! hahahaha..

Dari hasil sharing dengan temanku yang kebetulan juga punya skoliosis (tapi nggak operasi pasang pan), dia juga merasakan pegal-pegalnya sampai harus disupport dengan maternity belt. Kalau saya, di awal-awal masih sok kuat, kemana-mana masih banyak jalan dan gak pake support maternity belt tapi pas masuk 8 bulan mulai ampun-ampun kalau beraktivitas jalan-jalan yang lebih lama. Akhirnya saya menyerah juga untuk pakai maternity belt  dan malah sampai ambil cuti 3 minggu sebelum HPL. Ya emang anaknya lemah juga sih ngadepin macet gila-gilaannya Jakarta

Anyway, selain pegal-pegal nggak ada masalah lain yang lebih serius, dan pegal-pegalnya juga hilang kok setelah beres melahirkan. Saat pegal-pegal cara yang saya lakukan untuk bikin lebih enakan adalah dengan istirahat duduk bersandar di dipan kasur disangga bantal yang banyak sampai ngerasa nyaman atau minta suami pijit-pijit pundak dan punggung, kalau pegel banget ya saya pijit sendiri pelan-pelan bagian pinggang. Biasanya setelah 30-45 menit membaik. Selama proses hamil pun nggak mempengaruhi derajat kemiringan skoliosis atau bikin tulang saya yang sudah 'lurus' jadi 'bengkok lagi'. Ini juga didukung dengan research kecil-kecilan dengan baca beberapa jurnal kesehatan luar negri tentang skoliosis, jadi tidak perlu khawatir.

Yang saat itu saya khawatirkan, justru proses melahirkan. Sejujurnya banget nih, tanpa ada pan di tulang belakang aja ngebayangin proses melahirkan udah cukup bikin nyali saya ciut. Nggak kebayang aja gimana, apalagi kalau normal. Takut wajar lah, namanya juga pertama kali ya kan (pembenaran). Sempet cari tau, dan sempet plan juga kalau melahirkan normal pinginnya minta epidural kalau udah sakit banget nggak kuat dan ini awalnya sudah masuk ke birth plan saya.

Mendekati HPL atas rekomendasi dari obgyn saya, dr Aswin Wisaksono Sastrowardoyo, sayapun akhirnya konsultasi lagi ke dokter yang saat itu menangani skoliosis dan operasi saya,  dokter Luthfi Gatam. Deg-deg an sih, terakhir ketemu dokter Luthfi tuh tahun 2005/2006 gitu soalnya. Udah lama banget, khawatir udah lupa juga. Pas ketemu dokter Luthfi, awalnya beliau sempet agak lupa sih, wajar lah udah 10 tahun ga ketemu, terakhir ketemu saya masih umur 15an gitu dan pasiennya banyak banget kan, tapi akhirnya beliau inget lho!

Yang bikin saya tenang, dokter Luthfi menjelaskan kalau skoliosis meskipun ada pan yang terpasang di tulang belakang, bisa kok melahirkan normal. Yang bikin nggak bisa melahirkan normal justru ukuran panggul dan kondisi-kondisi kehamilan tertentu yang memang nggak memungkinkan kelahiran normal. Oke sip, lega!
Nah tapi pas saya tanya kalau misal saya harus caesar atau ingin pakai epidural gimana, ternyata karena adanya pan yang sudah terpasang di tulang belakang justru nggak bisa epidural dan kalau caesar juga nggak bisa anastesi pakai bius yang disuntikin ke tulang belakang gitu, jadi harus discuss lagi sama Obgyn untuk kemungkinan tipe anastesi lainnya. Kalau penderita skoliosis yang ditulang belakang nggak ada pan-nya ya bisa-bisa aja tapi untuk jaga-jaga sebaiknya siapkan hasil rontgen tulang belakang terakhir di hospital bag, jadi saat proses melahirkan bisa diinfokan ke dokter anastesinya kalau tiba-tiba perlu tindakan yang mengharuskan anastesi di tulang belakang.

Balik lagi ke Obgyn, jadilah kita diskusiin kemungkinan kalau misal harus operasi caesar nanti anastesinya gimana. Ternyata dengan kondisi saya yang sudah terpasang pan, ya kalau mau caesar (atau terpaksa harus caesar nantinya) harus pakai bius total. Untungnya setelah di check lagi, Obgyn saya bilang dengan ukuran panggul dan kondisi kehamilan dan janin saat itu, saya bisa melahirkan normal.
Jadilah saat itu saya banyak-banyak berdoa banget supaya lancar jadi bisa melahirkan normal tanpa dibutuhkan interupsi apa-apa.

Ini yang saya alami saat kehamilan kemarin, tapi balik lagi ya kalau kondisi setiap orang itu berbeda dan kondisi setiap kehamilan (meskipun orangnya sama) juga bisa beda. Untuk yang punya skoliosis dan sedang hamil, ngikut aja sama kata dokternya, bisa coba cari second opinion juga kalau memang masih merasa ragu. Menurut saya yang penting adalah kita merasa aman, tenang dan nyaman jadi ketika menjalani hari-hari menuju persalinan juga lebih santai dan nggak ada beban pikiran.

Enjoy Pregnancy :)

Comments

  1. Akhirnya ada yang bikin blog ttg melahirkan dari penderita skoliosis yang di pan... Saya deg"an sebentat lagi berkeluarga dan salah satu ketakutan saya itu... pas ngeden kondisi punggung gimana? Normal kan? G ada perubahan skrup atau apanha gtu? Klu boleh minta email nya bisa? Siapa tau bisa buat tanya" .. Takut pas kerja hamil g kuat juga sama nyerinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Pas ngeden kondisi punggung normal kok agak ngebungkuk disangga bantal. Di aku sih ga ada perubahan apa2 ya, atau mungkin sebenernya sakit tp kalah aja gitu sama mules2nya hahaha
      Yg penting cerita sama obgyn dan banyak2 cari second opinion sekaligus consult sama dokter yg dulu nanganin operasi.

      Delete
  2. Salam skolioser mbak, aku juga penderita skoliosis. Dulu aku inget pas konsul ke dokter, katanya bakalan berat kalau kita yg punya skoliosis sedang hamil. Aku sempet takut mbak waktu itu mikirnya.

    http://www.niiapanpan.com/scoliosis-stories/2013/hidup-dengan-skoliosis-part-1/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam skolioser! Katanya sih ini lbh berat daripada yg ga ada skoliosis, tapi alhamdulillah aku kuat. Enjoy aja, ga usah dipikirin yg penting begitu hamil langsung planning untuk segala opsi biar ga panik

      Delete
  3. Kalau boleh tau mbk skolio berapa derajat? Istri sy skolioser juga dn sedang hamil muda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maaf saya baru buka blog ini lagi. Saat terakhir sebelum pasang oan di 56 derajat. After pasang pan terakhir dirontgen sisa sekitar 5-8 derajat

      Delete

Post a Comment